Halaqah 08: Ihsan dan Juga Rukunnya

Halaqah ke-8 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang ihsan dan juga rukunnya. Ihsan adalah tingkatan di dalam agama yang paling tinggi.

● Secara Bahasa
Ihsan adalah berbuat sebaik mungkin ketika melakukan sesuatu.

● Secara Syari’at
Makna Ihsan adalah memperbaiki amal dan ibadah kepada Allah Subhanahu wata'ala karena dia merasa diawasi dan dilihat oleh Allah Subhanahu wata'ala.
Didalam hadist Jibril ‘alaihissalam, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika ditanya tentang “Apa itu Ihsan?”.

Beliau mengatakan:

أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Engkau beribadah kepada Allah Subhanahu wata'ala seakan-akan engkau melihatnya, maka apabila engkau tidak melihatnya, sesungguhnya dia melihatmu.”

Orang yang beribadah seakan-akan melihat Allah Subhanahu wata'ala atau merasa dilihat Allah Subhanahu wata'ala baik zhahir maupun bathinnya maka dia akan:
  • Beramal seikhlas mungkin.
  • Dan sesesuai mungkin dengan ajaran Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Dan dia akan meninggalkan kemaksiatan baik kemaksiatan yang dilakukan hati, lisan, maupun anggota badan yang lain.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

وَمَا تَكُونُ فِي شَأْنٍ وَمَا تَتْلُو مِنْهُ مِنْ قُرْآنٍ وَلَا تَعْمَلُونَ مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا إِذْ تُفِيضُونَ فِيهِ ۚ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَبِّكَ مِنْ مِثْقَالِ ذَرَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَلَا أَصْغَرَ مِنْ ذَٰلِكَ وَلَا أَكْبَرَ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِين

“Dan tidaklah kamu dalam sebuah keadaan dan tidaklah kamu membaca Al Quran dan tidaklah kalian mengamalkan sebuah amalan kecuali kami mengetahuinya ketika kalian mengamalkannya. Dan tidak ada yang luput dari Rabb-Mu sesuatu sebesar dzarrah pun di bumi maupun di langit. Dan tidak ada sesuatu yang lebih kecil daripada itu dan tidak ada yang lebih besar kecuali ada di dalam kitab yang jelas.” (QS Yunus: 61)

Dan Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ ۗ وَيَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Katakanlah: Seandainya kalian menyembunyikan apa yang ada di dalam dada-dada kalian atau kalian menampakkannya maka Allah mengetahuinya. Dan Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan Allah Maha mampu melakukan segala sesuatu.” (QS Ali Imran: 29)

Semoga Allah Subhanahu wata'ala menjadikan kita senantiasa merasa diawasi oleh Allah Subhanahu wata'ala dan takut kepada Allah Subhanahu wata'ala dimanapun kita berada.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Mengenal Agama Islam]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url