Halaqah 04: Mengenal Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam Sebagai Seorang Rasul yang Diantara Tugasnya Adalah Membawa Berita Dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Halaqah ke-4 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang Mengenal Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam Sebagai Seorang Rasul yang Diantara Tugasnya Adalah Membawa Berita Dari Allah Subhanahu wata’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai seorang utusan, diantara tugasnya adalah membawa berita-berita dari Allah Subhanahu wata’ala.

Baik berita di masa lalu, seperti kisah-kisah para Nabi & umat-umat terdahulu maupun berita di masa yang akan datang, seperti kejadian setelah mati dan kejadian-kejadian di hari akhir.

Kewajiban kita sebagai seorang yang beriman adalah membenarkan berita-berita tersebut, bila memang dalilnya shahih.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى (٣) إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى (٤)

“Dan tidaklah Beliau berbicara dari hawa nafsunya. Tidaklah ucapan Beliau kecuali wahyu yang diwahyukan kepada Beliau.” (QS An-Najm: 3-4)

Kalau kita benarkan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sebenarnya kita telah membenarkan Allah Subhanahu wata’ala.
 
Dan kalau kita dustakan Beliau, maka sebenarnya kita telah mendustakan Allah Subhanahu wata’ala.

Akal yang sehat tidak akan bertentangan dengan dalil yang shahih.

Apabila dalil yang shahih sepertinya tidak masuk akal, maka ketahuilah bahwasanya kekurangan ada di dalam akal kita yang memang sangat terbatas, bukan pada dalil.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikenal oleh kaumnya sebagai orang yang jujur semenjak sebelum Beliau diutus menjadi nabi.

Tidak pernah Beliau sekalipun berdusta,
– baik kepada anak kecil, sebaya maupun kepada orang tua.
– baik ketika bercanda maupun dalam keadaan sungguh-sungguh.

Apabila Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berani untuk berdusta atas nama Beliau dan juga atas nama manusia, maka bagaimana Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berani berdusta atas nama Allah Subhanahu wata’ala Rabbul ‘Alamin?
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Mengenal Rasulullah] 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url