Halaqah 04: Beriman dengan Nama-nama Khusus Malaikat

Materi HSI pada pertemuan halaqah ke-4 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang beriman dengan nama-nama khusus malaikat. Diantara cara beriman dengan malaikat adalah beriman dengan nama-nama khusus sebagian kecil malaikat yang ada di dalam dalil yang shahih. Adapun yang tidak kita ketahui namanya dan mereka ini jauh lebih banyak, maka kita beriman secara global, artinya beriman dengan adanya mereka meskipun kita tidak mengetahui namanya.

Dan diantara malaikat yang kita ketahui namanya:

⑴ Jibril
Allah berfirman,

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ

“Katakanlah: ‘Barangsiapa yang menjadi musuh Jibril maka sesungguhnya dia telah menurunkan wahyu kepada hatimu dengan izin Allah’.” (Al-Baqarah 97).

⑵ Mikail
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

مَن كَانَ عَدُوًّا لِّلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِه ِوَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَافِرِينَ

“Barangsiapa yang menjadi musuh bagi Allah, malaikat-malaikat-Nya, Rasul-rasul-Nya, Jibril, dan juga Mikail maka sesungguhnya Allah adalah musuh bagi orang-orang yang kafir.” (Al-Baqarah 98).

⑶ Israfil
Di dalam sebuah hadits, diantara do’a iftitah yang dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat malam adalah,

اللَّهُمَّ رَبَّ جبْرَائِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ. اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Ya Allah Rabbnya Jibril, Mikail, dan juga Israfil yang telah menciptakan langit dan juga bumi, yang mengetahui yang ghaib maupun yang kelihatan. Engkau menghukumi diantara hamba-hamba-Mu di dalam apa yang mereka perselisihkan. Maka tunjukilah aku yang benar di dalam apa yang diperselisihkan dengan izin-Mu, sesungguhnya Engkau memberikan petunjuk orang yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus.” (HR. Muslim)

⑷ Malik
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

“Mereka (penduduk neraka) memanggil, ‘Wahai Malik, hendaklah Rabb-mu mematikan kami.’ Maka Malik berkata, ‘Sesungguhnya kalian akan tetap tinggal’.”(Az-Zukhruf 77).

⑸ Munkar dan ⑹ Nakir
Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda,

إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَر النَّكِيرُ

“Apabila seorang mayit atau salah seorang diantara kalian dikuburkan maka akan didatangi dua orang malaikat yang hitam yang biru. Dinamakan yang pertama adalah Munkar dan yang lain An-Nakir.” (HR. Tirmidzi, hadits hasan)

⑺ Harut dan ⑻ Marut

وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ

“Dan tidaklah Sulaiman kafir, akan tetapi syaithan-syaithan-lah yang kafir. Mereka mengajarkan manusia sihir dan apa yang telah diturunkan kepada dua orang malaikat di Babil yang bernama Harut dan juga Marut.” (Al-Baqarah 102).

Dan yang selanjutnya, diantara nama khusus malaikat adalah,

⑼ Ar-Ra’d
Di dalam sebuah hadits, datang orang-orang Yahudi kepada Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam. Kemudian mereka berkata,

يَا أَبَا الْقَاسِمَ أَخْبِرْنَا عَنِ الرَّعْدُ مَا هُوَ ؟

“Wahai Abal Qasim (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam), kabarkanlah kepada kami tentang Ra’d, apakah itu?”

Maka Beliau shallallahu ‘alayhi wa sallam mengatakan,

مَلَكٌ مِنَ المَلَائِكَةِ مُوَكَلٌ بِالسَّحَابَ مَعَهُ مَخَارِيقُ مِنْ نَّارٍ يَسُوقُ بِهَا السَحَابَ حَيْثُ شَاءَ الله

“Seorang malaikat di antara malaikat-malaikat yang diberi tugas untuk menggiring awan, bersamanya alat yang terbuat dari api untuk menggiring awan tersebut sesuai dengan kehendak Allah.” (Hadits shahih, diriwayatkan oleh Tirmidzi)
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Beriman Kepada Malaikat]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url