Halaqah 09: Penjelasan Kaidah Pertama Kitab Qawaidul Arba (Bagian 1)

Materi HSI pada halaqah ke-9 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy bab Kitab Qawaidul Arba adalah tentang penjelasan kaidah pertama kitab Qawaidul Arba bagian 1.

Beliau rahimahullah mengatakan,

الْقَاعِدَةُ الأُولَى:
أَنْ تَعْلَمَ أَنَّ الْكُفَّارَ الَّذِينَ قَاتَلَهُمْ رَسُولُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -مُقِرُّونَ أَنَّ اللهَ هُوَ الْخَالِقُ، الرَازِقُ، المُحيِ المُميتُ، الْمُدَبِّرُ لِجَمِيعِ الأُمُور

Kaidah yang pertama adalah engkau mengetahui bahwasanya orang-orang kafir yang diperangi oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka menyatakan, meyakini, mengakui, bahwasanya Allah, Dia-lah Al Khaliq (Yang Maha Pencipta), Ar Raziq (Yang Maha Memberikan Rezeki), Al Muhyi Al Mumit (Yang Menghidupkan dan Mematikan), dan bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dia-lah yang mengatur seluruh perkara ini.

Ini adalah kaidah yang pertama, yang ingin beliau sampaikan kepada kita semua. Hendaknya kita mengetahui sebagai sesama muslim, bahwasanya orang-orang kafir yang diperangi oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama para sahabat (yaitu orang-orang musyrikin di zaman Beliau, diantaranya adalah orang-orang Quraisy kaum Beliau sendiri) mereka mengakui, meyakini bahwa Allah, Dia-lah yang menciptakan.

Dan bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dia-lah Yang Memberi Rezeki. Mereka meyakini Yang Menghidupkan dan juga Mematikan adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka juga meyakini bahwa yang mengatur seluruh perkara ini, mengatur alam semesta ini, tidak ada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kemudian beliau mengatakan,

وَلم يُدْخِلُهُمْ ذَلِكَ فِي الإِسْلامِ

Akan tetapi keyakinan dan akidah orang-orang musyrikin Quraisy (yang meyakini hal tersebut di atas), tidak memasukkan mereka ke dalam agama Islam.

Seandainya keyakinan ini memasukkan mereka ke dalam agama Islam, seperti yang diinginkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentunya tidak akan diperangi oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga para sahabat.

Dan ini pengetahuan yang tidak banyak diketahui oleh saudara-saudara kita. Mereka mendengar dari gurunya, juga dari orang tuanya, bahwasanya orang-orang Quraisy, mereka adalah orang-orang yang menyembah berhala, menyembah ini itu, seakan-akan mereka tidak mengenal siapa Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh karena itu di sini beliau ingin memberikan nasihat (pengetahuan) kepada kita yang mungkin tidak kita ketahui.

Ketahuilah bahwasanya orang-orang musyrikin, ternyata mereka juga mengakui bahwasanya Allah yang Menciptakan, Memberikan Rezeki, dan Mengatur Alam Semesta. Namun yang demikian tidak memasukkan mereka ke dalam agama Islam. Berarti harus ada sesuatu yang memasukkan mereka ke dalam Islam tersebut seperti yang diinginkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Qawa'idul Arba']
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url