Halaqah 10: Muhammad di Bawah Tanggungan Abu Thalib

Materi HSI pada halaqah ke-10 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang Muhammad di bawah tanggungan Abu Thalib. Setelah meninggal Abdul Mutholib, Abu Tholib sebagai paman berusaha menunaikan hak keponakannya dengan sebaik-baiknya, bahkan mendahulukan Muhammad diantara sekian banyak putranya selama lebih dari 40 tahun di sampingnya, melindunginya, dan membela dengan ucapan dan juga fisiknya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tumbuh sebagai seorang pemuda yang dijaga oleh Allah, terjauh dari kotoran-kotoran Jahiliyyah dan kebiasaan mereka. Paling menjaga kehormatan, paling baik akhlaknya, sangat pemalu, paling jujur ucapannya, sangat menjaga amanah, jauh dari perilaku jorok dan kasar, sehingga dikenal diantara masyarakat Jahiliyyah sebagai seorang Al-Amiin (yang dapat dipercaya).

Beliau dikenal banyak silaturahim, menghormati tamu, membantu yang lain di dalam kebaikan, memakan dari usaha sendiri, dan qona’ah (merasa cukup dengan apa yang Allah berikan).

Ketika beliau berumur 14 atau 15 tahun terjadilah perang al-Fujjar antara Quraisy dan Kinanah melawan Qois dan ‘Aylan, namun tidak ada riwayat yang shahih yang menyebutkan bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam saat itu ikut berperang.

Kemudian beliau shallallahu 'alaihi wasallam sempat menghadiri sebuah kesepakatan antara Bani Hasyim, Bani Umayyah, Bani Zahroh, dan juga Bani Makzum yang isi kesepakatan tersebut adalah untuk saling menolong dan saling membantu orang yang didholimi, serta mengembalikan kebaikan kepada yang memiliki.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Sirah Nabawiyah]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url