Halaqah 11: Pernikahan Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam dengan Khadijah Radhiyallahu ‘anha

Materi HSI pada halaqah ke-11 dari halaqah silsilah ilmiyyah abdullah roy adalah tentang pernikahan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dengan Khadijah radhiyallahu 'anha. Pada saat berumur 25 tahun, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam menikah dengan Khadijah seorang wanita Quraisy yang memiliki kedudukan yang tinggi dan harta yang melimpah.

Ada yang mengatakan bahwa umur Khadijah saat itu 28 tahun dan ada yang mengatakan 40 tahun.

Khadijah, beliau adalah Khadijah bintu Khuwailid bin Asad bin Abdul ‘Uzza bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay Al Qurasyiyyah.

Beliau adalah termasuk wanita Quraisy yang paling baik nasabnya, harta, dan akalnya. Dan beliau lah wanita yang pertama kali dinikahi oleh Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan beliau tidak menikah dengan seorang wanita pun setelah Khadijah sampai Khadijah meninggal.

Setelah menikah dengan Khadijah, telah lahir dari beliau enam orang anak: Al Qosim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fathimah.

Al Qosim dan Abdullah meninggal ketika masih kecil, sedangkan yang wanita semuanya menemui kenabian Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan masuk Islam, tetapi semuanya meninggal dunia sebelum Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kecuali Fathimah, maka beliau meninggal 6 bulan setelah kematian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Adapun riwayat-riwayat perincian tentang bagaimana pernikahan beliau shallallahu 'alaihi wasallam, seperti cerita bahwa:
  • Beliau berdagang ke Syam dengan membawa harta Khadijah bintu Khuwailid
  • Dan bahwasanya Khadijah mengutus Maisaroh (seorang budak milik beliau) untuk menemani Muhammad di dalam perdagangan ini
  • Kemudian ketika pulang, Khadijah melihat keamanahan Muhammad
  • dan Maisaroh juga menceritakan kemuliaan akhlak, pikiran yang jernih, dan kejujuran Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam
  • dan kisah bahwa Khadijah mengutus utusan kepada Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam menawarkan kepada beliau untuk menikah kemudian Muhammad setuju dan berbicara kepada para pamannya
  • kemudian setelah itu mereka pergi ke paman Khadijah dan meminangnya setelah itu dilangsungkan pernikahan,
Maka riwayat-riwayat tersebut adalah lemah.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Sirah Nabawiyah]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url